”Carilah ilmu sejak dari buaian hingga ke liang lahat”. (Al Hadits)

Mulailah Hari Anda dengan Al-Quran dan isilah hari dengannya. Janganlah memulai hari dengan nyanyian-nyanyian yang liriknya tidak sesuai d...

EVALUASI DIRI: Apakah Anda Memulai dan Mengisi Hari dengan Membaca Al-Quran? Apakah Anda Menghafal Beberapa Ayat Al-Quran?


Mulailah Hari Anda dengan Al-Quran dan isilah hari dengannya. Janganlah memulai hari dengan nyanyian-nyanyian yang liriknya tidak sesuai dengan syariat dan tidak ada tuntunannya dari rasullullah SAW. Mengisi hari  dengan Al-Quran akan membuat hidup lebih bersemangat dan hidup semakin diberkahi oleh Allah SWT.

Bagaimana carannya?
Jika mampu maka bacalah Al-Quran sebanyak 1 juz dalam sehari. Jika belum mampu buatlah target untuk menyelesaikan 1 juz dalam berapa hari atau berapa minggu. Jangan sampai tidak membacannya samasekali dalam sehari. Jika sudah mahir dan memahami tajwid dengan baik maka mulailah menghapalnya ayat demi ayat.


Apa fadhilah membaca, mengisi hari dan menghafal Al-Quran?
   Menjadi Ahli Allah di Dunia
Rasulullah bersabda: “Allah memiliki keluarga dari kalangan manusia.” Para sahabat bertanya, “Siapakah meraka wahai Rasulullah?” Beliau menjawab “Merekalah Ahli Al-Quran, Mereka adalah ahli Allah dan orang-orang istimewa-Nya”.(Sahih al-Jami)

   Menjadi Syafaat Bagi yang Membacanya
Rasulullah bersabda: ”Bacalah Al-Quran karena ia akan datang sebagai pemberi syafaat bagi orang yang membacanya.” (HR.Muslim)

   Mendapat Pahala yang Banyak
Rasulullah bersabda: ”barang siapa yang membaca sa huruf dari Kitabullah, maka baginya satu kebaikan. Dan kebaikan dengan sepuluh kali lipatnya, Aku tidak mengatakan Alif Lam mim satu huruf, akan tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf”.(Sahih al-Jami)

   Mendapat Doa Para Malaikat
Rasulullah bersabda:” Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah seraya membaca kitabullah dan mempelajarinya di antara mereka, melainkan diturunkan ketenangn kepada mereka, dilingkupi oleh rahmat, para malaikat membentangkan sayapnya atas mereka, dan Allah menyebutkan nama-nama mereka di hadapan mahluk yang ada di sisi-Nya (malaikat)”. (HR.Muslim)

   Mendapatkan Nikmat Sesungguhnya dan Boleh di-dengki
Rasulullah bersabda:”tidak ada kedengkian kecuali dalam dua perkara, lakiu-laki diberikan Al-Quran, kemudian membacanya sepanjang malam”. (ai-bukhari dan Muslim)

   Ditinggikan Derajatnya
Umar bin Khathab Radhiyallahu’ Anhu mengatakan bahwa Rasulullah bersabda yang artinya.”Sesungguhnya Allah meninggikan satu kaum dengan Kitab ini dan merendahkan yang alin dengannya juga.”

   Mendapat Kemuliaan yang Besar
Rasulullah bersabda:”Persamaan mukmin yang membaca Al-quran adalah seperti Utrujah; baunya harum dan rasanya enak. Permisalan orang mukmin yang tidak membaca Al-Quran adalah seperti kurma; tidak ada baunya dan rasanya manis. Permiusalan orang munafik yang membaca Al-Quran adalah seperti Raihanah; baunnya harum dan rasanya pahit. Permisalan orang munafik yang tidak membaca Al-Quran adalah seperti buah simalakama; tidak ada baunya dan rasanya pahit.” (HR. bukhari dan Muslim)

Buku      : Dahsyatnya Evaluasi Diri seorang Muslim
Penulis   : D.A. Pakih Sati, Lc.
Penerbit : Ziyad Books




0 coment�rios: