”Carilah ilmu sejak dari buaian hingga ke liang lahat”. (Al Hadits)

setelah anda mengerjakan sholat Subuh berjamaah, kemudian Anda tidak tergesa-gesa pulang kerumah untuk suatu keperluan, maka tidak ada sal...

EVALUASI DIRI : Apakah Anda Berzikir dan Duduk di Masjid Sampai Syuruq?

setelah anda mengerjakan sholat Subuh berjamaah, kemudian Anda tidak tergesa-gesa pulang kerumah untuk suatu keperluan, maka tidak ada salahnya jikalau Anda duduksejenak sampai syuruq (cahaya matahari terbit dengan terang dan jelas), kemudian mengisinya dengan zikir, istigfar, dan membaca Al-Quran.

Rasulullah ﷺ bersabda yang artinya:
"Barangsiapa yang mengerjakan shalat subuh berjamaah, kemudian duduk bertasbih kepada Allah sampai Dhuha, maka ia mendapatkan pahala haji dan umrah, sempurna haji dan umrahnya." (HR. ath-Thabrany)

"Barangsiapa yang duduk di tempat shalatnya setelah selesai mengerjakan shalat Subuh sampai mengerjakan dua rakaat Dhuha, dan tidak mengucapkan kecuali kebaikan, maka diampuni keslahan-kesalahannya; walaupun lebih banyak dari buih lautan." (HR. Abu Dawud)

Apakah harus duduk di tempat shalatnya saja dan tidak boleh berpindah ketempat lainnya, atau boleh berpindah ke tempat lainnya?

Syeikh asy-Syinqithy Rahimahullah menjelaskan, bahwa hendaklah ia tetep berada di tempat shalatnya dan tidak berpindah ke tempat lainnya, agar ia mendapatkan fadhilah yang dijanjikan dalam hadis tersebut. Sedangkan Ibn Rajab al-Hambaly menegaskan, bahwa jikalau ia berpindah ke tempat lainnya, maka tidak apa-apa, ia tetap mendapatkan fadilah yang dijanjikan.


Buku      : Dahsyatnya Evaluasi Diri seorang Muslim
Penulis   : D.A. Pakih Sati, Lc.
Penerbit : Ziyad Books

0 coment�rios: