”Carilah ilmu sejak dari buaian hingga ke liang lahat”. (Al Hadits)

Rabi'ul Akhir artinya adalah musim semi terakhir atau musim semi kedua. Disebut demikian karena pada bulan ini, biasanya musim semi k...

Keutamaan Bulan Rabi'ul Akhir dalam kalender Hijriyah


Rabi'ul Akhir artinya adalah musim semi terakhir atau musim semi kedua. Disebut demikian karena pada bulan ini, biasanya musim semi kedua trlah tiba setelah musim semi pertama pada bulan Rabi'ul Awal.



Keistimewaan Bulan Rabi'ul Akhir

Diturunkannya surat Al Hasyr.

Surah al Hasyr memiliki arti pengusiran. Dalam surat ini, menceritakan pengusiran suku Bani Nadzir beragama Yahudi yang tinggal di sekitar madinah. Dalam surat ini juga menjelaskan tentang perintah takut pada Allah dan diakhiri dengan nama-nama Allah yang mulia. Seperti Ar Rahman, Ar Rahim, al Malik, Al Quddus, As Salam, Al Mukmin, Al Muhaimin, al Jabbar, Al Mutakabbir, Al Kholiq, al Bari’, Al Mushowwir.


Kemenangan Islam 

Kemenangan umat Islam pada bulan Rabiul Akhir terjadi pada peperangn pemberontak dari kaum kafir yang sengaja memusuhi islam. Terjadi banyak peperangan pada bulan ini di masa Rasulullah, diantaranya: 
  • Perang Najran (pengusiran bani Nadzir)
  • Perang Al Ghabah (disebut Al Ghobah karena penyerangan oleh Unaynah bin Hizn Al Farisi orang Ghatafan terhadap unta-unta milik nabi di Al Ghabah. Perang ini juga disebut perang Dzi Qarad, terjadi pada 6H )
  • Perang al Ghamar(untuk menyerang kabilah Bani Asad yang dipimpin oleh Ukkashah bin Mishan)Pada pemerintahan Abu Bakar Ash Shiddiq, terjadi pengepungan Damsyik yang dipimpin oleh Kholid bin Walid dan Ubaidah bin Jarrah selama 70 hari pada tahun 14 H.
  • Perang Jamal antara pasukan Sayyidati Aisyah melawan pasukan Khalifah Ali bin Abi Tholib. Pada tahun terjadinya perang ini disebut tahun fitnah.


Bulan Pembukan Damasyik

Damasyik atau disebut juga Damaskus (Suriah) dulunya dihuni oleh orang-orang yang membangkang terhadap uslam. Pada zamab Khalifah Abu Bakar as-Shiddiq, pernah dilakukan penaklukan terhadap wulayah itu di bawah komando Abu Ubaidah bin Jarrah dan Khalid bin Walid pada Rabi'ul Akhir rahun 14 Hijriah.




Ibadah Sunnah Harian Pada Bulan Rabi'ul Akhir.

Bershadaqah
Karena dalam bulan ini banyak terjadi perang dan mengingatkan kita tentang perang, maka sebaiknya kita mulai membangun rasa cinta kepada sesama dengan meningkatkan shodaqoh amal jariyah.

Berpuasa 
Perbanyak dalam puasa Senin-Kamis dan puasa ayyamul bid pada tanggal 13, 14, dan 15 pada kalender hijriah.

Banyak Berdzikir
Berdzikir merupakan bentuk penghambaan kita terhadap Allah yang telah memberikan kita kesempatan bernafas kembali. Berdzikir juga dapat dilakukan dengan berdoa dan lain sebagainya.

Membaca Al-Quran
Para ulama menekankan bahwa membaca AlQuran merupakan ibadah yang sangat dianjurkan bagi umat muslim secara keseluruhan. Karena banyak faedah yang akan di dapatkan oleh setiap muslim yang senantiasa menghiasi harinya dengan Al Quran.


Demikian  keutamaan bulan Rabiul Akhir. Adapun bulan Robiul Akhir sebagai pengingat kita untuk selalu lebih bersyukur dan lebih baik tiap harinya. Wallahu A’lam.


Dikutip dari : Buku Harian Orang Islam Agenda Syar'i Muslim/Muslimah Teladan Sepanjang Tahun dan berbagai sumber.

0 coment�rios: