”Carilah ilmu sejak dari buaian hingga ke liang lahat”. (Al Hadits)

Well kita semua pernah dalam situasi ini, yang kadang terjadi kalau kita idur terlalu malam begadang bahasa bekennya, terlalu lelah, dan l...

Sholat Subuh yang Terlewat

Well kita semua pernah dalam situasi ini, yang kadang terjadi kalau kita idur terlalu malam begadang bahasa bekennya, terlalu lelah, dan lain sebagainya. Saat kita bangun matahari sudah terbit dan waktu sholat sudah terlewat.

Biasanya kalau sudah telat untuk subuh, langsung deh tarik selimut, atur posisi nyaman tidur lagi, atau biarain deh udah telat gini, lalu di abaikan waktunya dengan nonton TV, buka medsos dal lainnya.


Jadi harus bagaimana?

Pertama, segera sholat saat terbangun as soon as you wakeup.
Sunnah Rasulullah, kita harus segera sholat subuh setelah bangun tidur walaupun terlambat, dan matahai sudah terbit karena bukan kesengajaan.

“Barangsiapa yang lupa atau tertidur dari shalat, maka kafaroh (tebusannya) adalah dia shalat ketika dia ingat.” (Muttafaqun’ alaih, diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim. Lihat Misykatul Mashobih yang ditahqiq oleh Syaikh Al Albani) 

Dari Abu Qotadah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
 “Jika seseorang tertidur, itu bukanlah berarti lalai dari shalat. Yang disebut lalai adalah jika seseorang dalam keadaan sadar (sudah terbangun). Jika seseorang itu lupa atau tertidur, maka segeralah dia shalat ketika dia ingat. Karena Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Tunaikanlah shalat ketika seseorang itu ingat.” (QS. Thaha : 14).” (HR. Muslim. Shohih. Lihat Misykatul Mashobih yang ditahqiq oleh Syaikh Al Albani)

Gimana kalau lalai? sudah bangun tapi sengaja di lambat-lambatkan sehingga saat sadar matahari sudah terbit, sudah beberapa jam terlewat karena terlena dengan sesuatu. Maka hukum yang diatas gugur terhadapnya jadi gak wajib lagi untuk sholat, karena dia sengaja lalai. 

Kedua, tingkatkan lagi dalam mengerjakan sholat wajib, sunnah dan sholat yang sangat dianjurkan.
So jadikan sholat subuh yang terlewat sebagai cambukan keimanan untuk meningkatkan ibadah wajib dan sunnah yang Rasulullah perintahkan. 
contohnya sholat Dhuha yaitu sholat sunnah yang di lakukan setelah matahari terbit. jadi kalau sholt subuh terambat paling tidak lakukanlah sholat Dhuha untuk meningkatkan iman kita pada hari itu.

Ketiga, jangan biarkan sholat wajib (utama) atau sunnah lainnya di lupakan.
Biasanya saat subuh terlewat setan akam membisikan di telinga kita "buat apa sholat yang lainnya (wajib dan sunnahlainnya), sedangkan tadi tidak sholat subuh, tidak akan sempurna ibadahmu hari ini jadi percuma" Naudzubillah!!

Sholat subuh yang terlewat seharusnya membuat kita lebih berusaha untuk sholat tepat waktu. Kareana banyak fadillah yang Allah berikan pada kita.
Di antaranya : ..
1. Dicintai Allah SWT ..
2. Badan selalu sehat ..
3. Dijaga oleh malaikat ..
4. Diturunkan berkah untuk rumahnya ..
5. Wajahnya akan menunjukkan tanda-tanda orang yang shaleh..
6. Akan berhati lembut ..
7. Melalui jembatan Shiratal Mustaqim seperti kilat ..
8. Diselamatkan dari siksa api neraka ..
9. Ditempatkan ke dalam golongan orang-orang tidak takut dan bersedih ..


"Amalan yang paling dicintai oleh Allah SWT adalah shalat pada waktunya, berbakti kepada orang tua, kemudian jihad di jalan Allah SWT." (Kanzul Ummal, jilid 7, hadist 18897)

0 coment�rios: