”Carilah ilmu sejak dari buaian hingga ke liang lahat”. (Al Hadits)

Assalamu’alaikumwarahmatullahiwabarakatuh... Sepertiga malam adalah waktu yang sangat baik bagi kita untuk bermuhasabah diri setelah ...

Manfaat Mandi Sebelum Subuh (1/3 Malam)



Assalamu’alaikumwarahmatullahiwabarakatuh...

Sepertiga malam adalah waktu yang sangat baik bagi kita untuk bermuhasabah diri setelah aktivitas yang kita lakukan. Bukan tanpa alasan, di balik heningnya suasana pagi, ada banyak hikmah yang mendalam. Diantaranya; berlimpahnya pahala dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala, kesegaran udara subuh yang menyegarkan fisik, konsentrasi pikiran dan daya ingat yang kuat untuk menyambut datangnya hikmah dan ilmu-ilmu Allah Subhanahu Wa Ta'ala , bergantinay malaikat saing dn malam dan bukankah Allah Subhanahu Wa Ta'ala datang ke bumi. Banyak peristiwa yang terjadi di sepertiga malam.



Di sepertiga malam juga Allah Subhanahu Wa Ta'ala menyuruh kita untuk sholat malam. Allah Subhanahu Wa Ta'ala memberikan kita doorprize yang sangat luar biasa, asalkan kita meminta dengan sungguh-sungguh.
Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam dalam sabda beliau:
 “Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia setiap sepertiga malam akhir. Ia lalu berkata: ‘Barangsiapa yang berdoa, akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku akan Aku beri. Siapa yang memohon ampun kepada-Ku, akan Aku ampuni. Hingga terbit fajar‘ ” (HR. Bukhari 1145, Muslim 758)
Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam juga berbicara tentang pentingnya pagi hari untuk manusia dalam mencari rezeki.
 Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: “Berpagi-pagilah mencari rezeki, karena berpagi-pagi itu membawa berkah dan menghasilkan kemenangan. Jangan sampai ayam jantan lebih cerdas darimu. Ia berkokok sebelum fajar, sementara kamu masih mendengkur tidur hingga matahari terbit.”
(HR. Bukhari dan Muslim) 
Mandi sebelum melaksanakan Shalat Sunnah dan Shalat Subuh berjamaah. Hikmahnya adalah mendapat limpahan pahala, kesegaran air dan udara subuh yang baik terutama untuk menyehatkan paru-paru serta menyegarkan pikiran. Asupan oksigen yang masih bebas polusi bias menyehatkan otak. Mandi saat fajar juga berpengaruh pada kejiwaan, kebiasaan mandi seperti ini memiliki efek relaksasi pada tubuh. Tubuh akan menjadi lebih rileks dan pikiran pun menjadi tenang dan kita menjadi semangat dalam beraktivitas dan lebih produktif. 



MENURUT KEDOKTERAN:

Menurut penelitian, makin pagi air yang kita gunakan maka kandungan O3 yang terkandung didalamnya adalah lebih besar, dan O3 ini mengandung khasiat yang menakjubkan bagi tubuh bila digunakan untuk keperluan mandi pagi yaitu pada saat fajar. Ada pula yang mengatakan, bahwa air dingin pada waktu sebelum subuh atau waktu sepertiga malam memiliki partikel alfa yang sangat besar. Partikel Alfa ini memiliki energi yang kuat sekali. Mungkin hal ini pula yang menjadikan tubuh lebih bugar ketimbang mandi pagi pada umumnya. 

Untuk mereka yang memiliki penyakit berat sebaiknya mandi dengan suhu air hangat (bukan panas) yang mendekati suhu tubuh sehingga sistem penyesuaian atau adaptasi yang sedang lemah tidak dirangsang secara paksa.

1. Mandi pagi mampu melancarkan peredaran darah.
2. Mandi dengan air dingin akan meningkatkan sel darah putih.
3. Mandi dengan air dingin bisa menurunkan resiko darah tinggi.
4. Mandi dengan air dingin dapat meningkatkan kesuburan.
5. Mandi pagi memperbaiki kesehatan jaringan tubuh.
6. Mandi pagi dengan air dingin dapat membuat rambut lebih sehat.
7. Mandi air dingin berkhasiat meredakan depresi.
    
Dan yang paling utama jika kita mandi sebelum melaksanakan Shalat Sunnah dan Shalat Subuh adalah kita akan semakin berkonsentrasi dalam beribadah kita akan semakin khusyu dalam sholat, otak lebih segar dalam menerima ilmu dan waktu yang bagus untuk menghafal.

Secara garis besar mandi di waktu pagi membuat kita lebih produktif, membuat kita sehat, dan menjauhkan kita dari sifat malas.

Fatimah ra, putri Rasulullah saw pernah bercerita, “Ayahku lewat di sampingku, sedang aku masih berbaring di waktu pagi. Lalu beliau menggerakkan badanku dengan kakinya dan berkata, “Wahai anakku, bangunlah, saksikan rezki Tuhanmu dan janganlah kamu termasuk orang yang lalai karena Allah membagikan rezki kepada hamba-Nya, antara terbi tfajar dengan terbit matahari.”
(HR Ahmad dan Baihaqi) 
Semoga kita selalu mendapat hidayah dari Allah SWT, untuk selalu memanfaat waktu fajar dengan ketaqwaan. Allahu a'lam

Wassalamu’alaikumwarahmatullahiwabarakatuh...

0 coment�rios: