”Carilah ilmu sejak dari buaian hingga ke liang lahat”. (Al Hadits)

Tari Pingan adalah komunitas tari tradisional, terutama Kalimantan Barat masarakat Kecamatan Mualang Sekadau. Tari Pingan adalah tarian h...

Tari Pingan

Tari Pingan adalah komunitas tari tradisional, terutama Kalimantan Barat masarakat Kecamatan Mualang Sekadau. Tari Pingan adalah tarian hiburan yang ditampilkan saat resepsi, festival panen, Belaki Bini (pernikahan). Tari Pingan ini biasanya  di pentaskan secara berpasangan.

Tariannya lebih ditekankan pada gerakan yang atraktif dan energik. Gerakan ini merupakan adopsi gerakan komunitas kesenian tradisional. Dalam tarian ini penari memiliki dua perhatian dan sepasang cincin yang terbuat dari cincin timah atau tembaga seukuran jari tengah penari. Pada zaman kuno yang digunakan adalah batu, namun kini telah diganti oleh pihak untuk menggunakan porselen.

Keduanya ditunjuk berdampingan sesuai iringan musik tradisional tebah atau disebut tebah Undup Biasa. Cincin kedua timah digunakan dalam gerakan  para penari berdampingan yang berfungsi untuk menyadap menari tarian dengan iringan musik.

Saat ini Tarian berdampingan tidak hanya di Wilayah Sekadau, namun mulai berkembang di kawasan Belintang Atas, Belintang Tengah, Hilbulen Belintang bahkan sekarang.

0 coment�rios: