”Carilah ilmu sejak dari buaian hingga ke liang lahat”. (Al Hadits)

Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya terletak di Sintang, provinsi Kalimantan Barat dan kabupaten-kabupaten di wilayah waringin di sebelah ...

Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya

Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya terletak di Sintang, provinsi Kalimantan Barat dan kabupaten-kabupaten di wilayah waringin di sebelah timur, provinsi Kalimantan Tengah. Bukit Baka-Bukit Raya merupakan gabungan antara Cagar Alam Bukit Baka di Kalimantan Barat dan Cagar Alam Bukit Raya di Kalimantan Tengah. Kawasan ini memiliki peran penting dalam fungsi hidrologi sebagai daerah tangkapan air untuk DAS Melawi di Kalimantan Barat dan wilayah Sungai Aliaran Katingan di Kalimantan Tengah.

tercatat ada sekitar 817 tanaman yang berada di Taman Nasional Bukit Baka - Bukit Raya meliputi jelutung, Ramin, Agathis, Rengas, Meranti, keruing, kayu besi, Bangkirai, Nyatoh, Rhododendron, bunga bangkai, Vaccinium, Myrica, anggrek, palem, rotan dan sebagainya. di.

Sedangkan fauna di Taman Bukit Baka - Jalan Raya Bukit meliputi Rusa, Rusa Kuda, burung enggang, beruang madu, babi hutan, hutan ayam, belalai monyet dan lain-lain.

Masyarakat adat di sekitar taman adalah keturunan suku Dayak, suku Limbai, suku ransa, suku Kenyilu, suku Danono, suku dan suku Khayan Kahoi.

Untuk mencapai taman ini dari Pontianak, Sintang, Nanga Pinoh, selama 8 jam, lalu dari Nanga Nanga Popai Pinoh gunakan speedboad selama 2,5 jam, lalu gunakan mobil lagi selama 2 jam.

0 coment�rios: